Poster

Cara Membuat Poster Acara yang Kece Badai

Hi guys!

Bingung dengan post-post sebelumnya? Sama saya juga. Eh ga deng. Mimin ngerti dikit-dikit kok hehehe :v.

Yo tanpa basa-basi lagi kita masuk ke topik pembahasan kita “ Cara Membuat Poster Acara yang Kece Badai”. Lho OmahTI bukannya isinya tentang IT doang min? FYI, salah satu divisi yang ada di OmahTI ialah Multimedia. Masih masuk IT kok, ya bedanya “cuma” ga ada ngoding :v.

To the point kenapa poster acara harus keren?

  • Poster itu kayak gerbang dari acara

Lho masa? Percaya aja deh. Ya bayangin aja kalau kalian udah nyiapin acara dengan sangat baik tapi belum ada poster, trus siapa yang mau dateng? Panitia doang? Salah satu guna poster tu kayak jadi surat undangannya. Kalo poster udah rilis berarti acara tersebut bener2 bakal ada meskipun belum ada persiapan juga.

  • Poster keren = banyak peserta

Kebanyakan peserta acara ga pernah ketemu panitia sebelum acara tersebut diadakan. Trus tahu acara dari mana? Mereka rata2 tahu infonya dari poster baik yang di sosmed, web, ataupun di mading. Maka dari itu poster keren itu penting buat mengundang mereka2. Poster yang keren itu gimana? Ya baca sampai habis aja :v.

  • Poster cepat rilis semakin baik

Yang ini sudah jelas kenapanya. Ya semakin cepat rilis postermu, acaramu semakin diprioritaskan kalo kualitas acaranya setara.

Karena sudah panjang lebar mimin ngomongnya, mimin mau undur diri dulu. Terima Kasih udah membaca.

.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.

Ga deng. Mimin bertjanda wkwkwk.

Penasaran gimana caranya bikin poster keren? Kalo penasaran baca sampe selesai ya!

Oh ya mimin ga ngasih materi skill lho!  Kalo kecewa tutup aja artikel ini hehehe. Mau kalian pake aplikasi apapun masih bisa di aplikasikan kok. Jadi mimin Cuma ngasih trik biar poster kalian makin kece

  • Buat poster yang Eye Catching

Ini penting banget buat narik perhatian. Contonya kalo di sosmed waktu kalian lagi main ig trus ketemu poster yang eye catching kalian otomatis berhenti sejenak. Kalo ga pas ada poster di mading yang menarik dilihat dari jauh, kalian juga akan baca lebih dekat karena penasaran. Menurut mimin sih ini naluri manusia yang mudah penasaran.

Trus caranya biar Eye Catching gimana? Banyak cara. Bisa pake gambar yang unik atau tulisan gede ataupun kombinasinya. Biasanya di poster keren ada bagian yang hampir memenuhi setengah sampai 2/3  halaman untuk bagian Eye Catching. Ya ini kayak umpan ke targetnya hehehe.

  • Sesuaikan dengan acara

Kalo udah Eye Catching akan lebih baik lagi kalo bagian tersebut sesuai dengan acara. Jangan sampai salah tema. Misal tema konser untuk poster seminar ya ga cocok atau sebaliknya. Sama sesuaikan dengan acara yang akan diadakan. Jangan sampai di poster wah padahal acaranya krik krik. Kalo acara meriah poster yang meriah, kalo acara serius poster yang elegan.

  • Pake font yang bener

FYI, font itu style tulisan. Harusnya kalian dah ngerti. Diusahakan jangan sampai pake font standar, kenapa? Ya rata2 font standar itu berlaku buat poster beberapa tahun yang lalu dan udah ga keren lagi. Download font yang kekinian kalo bisa.

Mimin ada list aturan pake font versi mimin

Jangan pake font yang ga bisa dibaca kecuali acara heavy metal

-Font unik hanya untuk judul tapi usahakan jangan yang terlalu nyeleneh

-Gunakan font biasa untuk informasi tapi usahakan jangan pake font standar

-Jangan pake banyak jenis font. Alay coy

-Main di bold font. Ini bisa bikin keren

  • Pahami warna

Kebanyakan poster itu kurang keren karena warnanya. Menurut mimin warna itu udah dipacking sesuai dengan karakternya. Jadi ga sembarangan pake warnanya. Ada banyak aturan pemakaian warna bisa di cari sendiri. Yang jelas jangan sampai salah ambil warna dan sesuaikan dengan acaranya juga.

  • Jangan asal comot gambar

Ini kesalahan yang sangat sering terjadi. Salah ambil gambar bisa menurunkan nilai kekerenan poster. Kalo ambil gambar cari yang senada dengan tema poster kalian baik warna dan bentuk gambar. Jangan sembarangan ambil gambar, itu ilegal. Dan jangan lupa hilangkan warna background gambar biar sesuai dengan warna poster kalian.

  • Senada

Ini penting juga. Tema, font, warna dan  gambar harus senada biar ga njomplang. Cara ngertinya sih pake feeling, kalau ga sering2 lihat poster yang keren nanti kerasa sendiri. Biasanya yang paling mencolok itu antara gambar dan font yang ga matching. Ada cara ngakalinya dengan ngedit gambarnya tapi agak susah. Cara amannya sih gambar ga ambil dari internet biar bisa sesuka hati kita :v.

  • Simpel tapi Informatif

Jangan kebanyakan gambar kalo bisa satu tapi mencolok ditambah hiasan-hiasan lain. Orang itu pinginnya singkat, padat, dan jelas .  Maka dari itu ga usah aneh-aneh.

Poster tu jangan kebanyakan tulisan. Yang dicari orang itu cuma acara apa, htm, kapan, dimana,  mungkin hadiah, dan beberapa hal lain. Diusahakan ga usah pake cara pendaftaran, alternatifnya pake link. Sekarang semua orang udah punya smartphone mungkin bisa pake QR code. Cara mengatasi kebanyakan tulisan lain ialah pakai logo yang orang ngerti. Ini bisa menangani poster yang membosankan karena isinya cuma tulisan.

Jangan lupa kasih contact person dan sosmed acara kalian yang bener dan jangan sampai typo bisa sangat fatal.

  • Sering Latihan

Cara ini yang sering orang lakuin. Padahal ini hal yang paling penting. Kenapa? Poster itu deadline nya sebentar dan dibuat harus sekeren mungkin, tanpa latihan kalian ga bisa kena dua2nya. Ya kalo cepet ga keren, dan kalo keren ga cepet. Latihan juga bisa buat kalian cepet dapet ide bikin poster sesuai dengan tema acara. Bahkan kalo sering latihan kalian bisa buat poster keren bahkan Cuma sejam dua jam. Jadi walaupun deadliner masih bisa ngejar tai ini ga baik soalnya poster juga ada revisi.

Latihannya gimana? Yang pertama kalian bisa desain2 di kertas atau di laptop kalian. Kalian juga bisa sering2 ikut kepanitian bagian DDD. Kalian juga bisa sering2 lihat karya orang professional trus ditiru dan masih banyak lagi.

Sebelum di akhiri mimin mau kasih design poster keren dari google versi mimin.

  

Sebagian hasil desain OmahTI

OLC

Oh iya tips ini juga bisa dipakai di desain2 lain ga cuma poster.

Mungkin cukup sekian dari mimin. Mimin capek ngomong dan juga sedih harus selesai sampai disini hiks :”. Jangan lupa berlatih karena pemenang itu kalahlebih banyak daripada pecundang dan menjadi orang hebat  tidak terjadi seminggu dua minggu tapi bertahun-tahun berlatih. Keep fighting. See U Next Time

by Mantan Calon Mahasiswa ITB

2 tanggapan untuk “Cara Membuat Poster Acara yang Kece Badai

Tinggalkan Balasan