Apakah Anda adalah seorang panitia suatu acara yang menjadi sebagai pembuat poster? Apakah poster yang Anda buat terlalu monoton dan ingin membuat sebuah poster yang “Wah! Aku tidak percaya aku bisa mendesain sebagus ini!” ?? Bila pertanyaan tersebut berada di dalam benak Anda sekarang, maka Anda telah mengunjungi artikel yang tepat!

Sebagai sebuah media komunikasi, poster memegang peran yang cukup penting karena sifat visualnya mampu memengaruhi minat target audiens Anda. Itulah mengapa Anda tidak boleh sembarangan dalam mendesain poster. Sebelum melakukannya, Anda bisa melihat bagaimana cara membuat desain poster yang baik di bawah ini.

  • Singkat, Padat, dan Jelas

Di mana Anda berencana untuk meletakkan poster Anda? Atau, jika pertanyaannya dibalik, di mana Anda sering melihat poster suatu event? Umumnya, orang-orang menempelkan poster mereka di pinggir berbagai ruas jalan, entah pada dinding maupun tiang-tiang listrik.

Jika target audiens Anda mengendarai motor atau mobil, tentu kesempatan bagi mereka untuk memerhatikan poster yang Anda tempel di pinggir jalan hanya sebentar, bukan?

Oleh sebab itu, cantumkan konten yang singkat, padat, dan jelas. Jika bisa, usahakan agar target audiens Anda mampu memahami poster Anda hanya dalam sekali lihat. Tidak perlu memuat pesan atau elemen-elemen yang tidak penting.

Mereka juga akan cenderung mengabaikan poster apabila kontennya terlalu “ramai” sehingga mengganggu penglihatan. Tonjolkan satu pesan utama yang ingin Anda sampaikan agar mereka tidak bingung dengan maksud dari poster Anda.

  • Memiliki Alur yang Jelas

Ketika membuat desain poster, jangan asal meletakkan elemen-elemennya di sembarang tempat. Perhatikan alur yang akan muncul pada poster Anda. Mayoritas orang akan cenderung memperhatikan gambar terlebih dahulu ketika menemui sebuah poster.

Maka dari itu, Anda bisa meletakkan gambar pada bagian tengah. Setelah melihat gambar, orang akan mencari elemen lain agar mereka bisa lebih memahami maksud dari gambar tersebut. Untuk itu, berikan judul dengan ukuran yang cukup besar.

                 Jika Anda memiliki judul yang catchy, orang pun semakin tertarik untuk mengetahui konten poster Anda lebih jauh. Tetapi, mereka akan kembali memperhatikan gambar untuk mencerna judul dari poster Anda.  Setelah itu, barulah mereka akan memperhatikan informasi yang lebih detail, seperti tempat dan waktu pelaksanaan event Anda. Itulah mengapa mencantumkan konten yang singkat, jelas, dan padat menjadi hal yang sangat panjang.

  • Menonjolkan Teks dan Gambar       

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, gambar memiliki peran penting dalam menarik perhatian target audiens terhadap poster Anda. Oleh sebab itu, Anda harus menyesuaikan gambar yang Anda pilih dengan konsep dan tema yang diangkat oleh poster Anda.

Usahakan agar gambar tersebut dapat dilihat dari jarak minimal 1,5 meter, yakni dengan ukuran yang tidak lebih kecil dari 12,7-17,7 cm. Tetapi, jangan asal meletakkan sembarang gambar karena setiap gambar harus memiliki tujuan.

Selain gambar, font juga memiliki peran penting dalam keefektifan poster Anda. Pilihlah font yang mudah untuk dibaca. Umumnya, font yang sering dipakai adalah Helvetica, Arial, Palatino, dan beberapa jenis lain yang memiliki desain serupa.

Anda boleh menggunakan lebih dari satu jenis font asalkan keduanya seirama terhadap satu sama lain dan berhubungan dengan tema poster Anda. Jangan menggunakan terlalu banyak kata karena orang-orang akan segan untuk membacanya.

  • Perhatikan Pemilihan Warna

Tidak berniat untuk cara membuat desain poster dengan gambar yang Anda buat? Anda masih bisa menarik perhatian target audiens Anda melalui permainan warna. Sebelum Anda mendesain poster, pilihlah skema warna yang sesuai dengan tema poster Anda.

Tidak perlu merasa bingung karena ada cukup banyak situs web yang menyediakan berbagai pilihan skema warna. Umumnya, membuat desain poster yang baik menggunakan dua hingga empat warna senada and sometimes simple is the best!

   

Sedangkan untuk warna pada font, usahakan menggunakan font berwarna gelap dengan background poster yang terang. Hal ini akan memudahkan target audiens untuk membaca poster Anda. Sekali lagi, tentu Anda harus menyeimbangkannya dengan tema yang diangkat oleh poster karena warna akan memberikan mood kepada audiens.

Plus Shapes Are Your Friends

“Shapes create other shapes. They create guide lines that lead the reader’s eye around the poster. Whether used to contain text, create an interesting composition or lead the viewer’s eyes in a particular direction – the use of shapes in event poster design is versatile and undeniably effective.”

-Karen DeFelice-

By: Azeroky