Divisi Competitive Programming

Divisi Competitive Programming berisi coder-coder yang belajar dan berkarir di bidang Competitive Programming. Competitive Programming sendiri merupakan sebuah kegiatan yang melatih logika untuk mencoba membuat program komputer sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan. “Given well-known Computer Science Problems, solve them as quickly as possible!”


Divisi ini fokus mempelajari struktur data beserta metode-metode yang digunakan dalam menyelesaikan sebuah permasalahan beserta aplikasinya dalam bentuk program (dalam bahasa C/C++ atau Java). Sebut saja teorema dan struktur data Graf, Tree, Heap, metode Bruteforce, Greedy, Divide-and-Conquer, Dynamic Programming, Shortest Path Algorithm, dan masih banyak lagi.


Selain belajar, kegiatan utama dari divisi ini adalah berpartisipasi dan meraih juara pada kompetisi pemrograman. Kompetisi-kompetisinya dapat diselenggarakan melalui internet maupun jaringan lokal. Untuk kompetisi level internasional, kompetisi pemrograman diadakan maupun didukung oleh beberapa perusahaan perangkat lunak, sosial media, dan perguruan tinggi seperti ACM-International Collegiate Programming Contest (ICPC), Google (CodeJam), Facebook (HackerCup), dan lain-lain. Di Indonesia sendiri, kompetisi pemrograman diadakan oleh beberapa perguruan tinggi ternama yang biasanya dikelola oleh alumni TOKI (Tim Olimpiade Komputer Indonesia).