Divisi Kelompok Studi Linux dan Open Source

KSLOS atau Kelompok Studi Linux dan Open Source merupakan salah satu dari tujuh divisi yang ada di OmahTI yang berkutat dengan GNU/Linux. KSLOS OmahTI adalah kelompok belajar linux yang bertujuan untuk sama-sama mempelajari Linux. Linux sendiri adalah suatu system operasi yang dibangun atas dasar open source dan free software development. Pertama release tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Dengan perkembangannya menjadikan LINUX memiliki varian (distro)nya, yang kemudian memiliki komunitas-komunitas sendiri, seperti Debian, Fedora, dan Suse.


Selain menggali system operasi LINUX, divisi ini juga berkutat dengan software open source. Yaitu mempelajari bagaimana open source itu diciptakan dan dikembangkan. Banyak software open source yang siapapun bisa ikut berpartisipasi mengembangkan dan menyebarluaskan. Sebut saja LibreOffice(dulunya Open Office), GIMP, Blender, Apache, dan masih banyak lagi.


Selain kedua hal tersebut, KSLOS juga mempelajari mengenai sistem operasi linux yang terdapat dalam Android. Tidak hanya itu, kita juga mempelajari mengenai cara membuat custom rom android. Karena salah satu hal yang menonjol dalam linux adalah keamanannya, oleh karena itu KSLOS juga mempelajari mengenai sistem keamanan dan jaringan.