Foto Divisi CP

Web Development

    Sesuai dengan namanya divisi web development berfokus pada pengembangan website. Lalu apa yang membedakan kami dengan Web Design?. Website secara umum terbagi menjadi 2 yaitu frontend dan backend. Divisi Web development fokus pada pengembangan backend sedangkan Web Design fokus pada pengembangan frontend. Frontend dapat dikatakan adalah bagian depan dari sebuah web / interface dari suatu web. Jadi Web Design mengurus bagian tampilan dari suatu web. Sedangkan Web development berfokus pada backend/bagian belakang dari suatu web.

    Konsep backend pun sebenarnya sangat luas, dari database sampai dengan server, dari development sampai deployment dan production. Jadi secara umum divisi web development mengurus fungsional dari suatu web semisal web inventory barang dimana setiap barang harus di record di dalam database. Itulah salah satu contoh mengenai backend. Backend sampai sekarang masih berkembang oleh karena itu cakupannya makin luas.

    Banyaknya teknologi yang dapat dipakai memberikan kita fleksibilitas yang tinggi dalam backend dan fokus kita pada divisi web development mencakup basis data Sql (MySql) dan NoSql (mongodb), php dan NodeJs serta deploy aplikasi web di server linux.